Pengertian Berpikir Psikologi Umum

SHARE:

BERPIKIR
Definisi Berpikir yang paling umum adalah berkembangnya ide dan konsep di dalam diri seseorang. (Bochenski, dalam Suriasumantri, 1983:52).
Apa itu berpikir ?
Berpikir adalah suatu kegiatan mental yang melibatkan kerja otatk. kegiatan berfikir juga melibatkan seluruh pribadi manusia dan juga melibatkan perasaan dan kehendak manusia.
proses berpikir dapat di golongkan menjadi dua jenis.
  1. Berpikir asosiatif
  2. Berpikir terarah
Berpikir asosiatif berpikir dimana suatu ide merangsang timbulnya ide-ide lain. Ide-ide itu timbul terkait dengan ide sebelumnya secara spontan.
Jenis-jenis berpikir asosiatif:
  1. Asosiasi bebas (suatu ide akan menimbulkan ide mengenai hal lain, yaitu apa saja tanpa ada batasnya).
  2. Asosiasi terkontrol (suatu ide tertentu akan menimbulkan ide mengenai hal lain dalam batas-batas tertentu saja).
  3. Melamun (mengkhayal bebas, sebebas bebasnya tanpa batas).
  4. Mimpi (ide-ide tentang berbagai hal yang timbul secara tidak disadari pada waktu tidur).
  5. Berpikir artistik (merupakan proses berpikir yang sangat subjektif. jalan pikiran di pengaruhi oleh pendapat dan pandangan diri pribadi tanpa menghiraukan keadaan sekitar.
Berpikir terarah yaitu proses berpikir yang sudah di tentukan sebelumnya dan diarahkan pada sesuatu. biasanya di arahkan pada pemecahan suatu persoalan. di sebut juga berpikir Konvergensi (memusat).
Tingkat-tingkat berpikir
  1. Berpikir Konkrit (kegiatan berpikir yang masih memerlukan situasi yang nyata. Tingkat berpikir ini biasanya dimiliki oleh anak-anak kecil.
  2. Berpikir Skematis (Kegiatan berpikir yang tidak memerlukan situasi nyata, tapi dibantu dengan penyajian bahan berupa bagan-bagan, corat coret, skema.
  3. Berpikir Abstrak (Kita dihadapkan dengan situasi dan masalah yang tidak berwujud. Akal pikiran bergerak bebas dalam alam abstrak (tidak nyata)


COMMENTS

Nama

LandasanPendidikan,10,Materi,21,TeknologiPendidikan,6,
ltr
item
Seputar TP: Pengertian Berpikir Psikologi Umum
Pengertian Berpikir Psikologi Umum
Seputar TP
https://hanyatp.blogspot.com/2019/08/ppt-kepribadian-psikologi-umum.html
https://hanyatp.blogspot.com/
https://hanyatp.blogspot.com/
https://hanyatp.blogspot.com/2019/08/ppt-kepribadian-psikologi-umum.html
true
3442867778335042156
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy