Definisi tahun 1994 dirumuskan dengan berlandaskan lima bidang garapan bagi teknolog pendidikan, yaitu : Desain, Pengembangan, Pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian. Kelima hal ini merupakan kawasan dari bidang teknologi pendidikan.
Komponen Definisi
Komponen teori, rumusan bangunan atau ilmu rujukan, menjadi acuan dan panduan untuk melaksanaan praktik atau terapan. Paduan tersebut mengatur pola berpikir seorang tek-nolog pembelajaran untuk bekerja. Komponen praktek atau terapan adalah pengujian kemam-puan teknologi pembelajaran tersebut untuk memecahkan masalah di lapangan. Pengertian kawasan adalah “peta” kegiatan-kegiatan atau pekerjaan yang dapat diselesaikan oleh tek-nolog pembelajaran berdasarkan kekhususan tertentu, Kawasan ini merujuk lebih rinci landa-san teori serta langkah-langkah penerapan dan praktik dari teori tersebut.
Rincian dan Skema Kawasan
- Kawasan Desain : Proses untuk menentukan kondisi belajar, meliputi desain sistem pembelajaran, desain pesan, strategi pembelajaran, karakteristik peserta didik, dan lain-lain.
- Kawasan Pengembangan : Proses penerjemahan spesifikasi desain ke dalam bentuk fisik. Mencakup banyak variasi teknologi seperti teknologi cetak, teknologi AV, teknologi berbasis komputer, teknologi terpadu.
- Kawasan Pemanfaatan : Aktivitas menggunakan proses dan sumber untuk belajar. Meliputi pemanfaatan media, difusi inovasi, implementasi dan institusionalisasi, kebijakan dan regulasi.
- Kawasan Pengelolaan : Meliputi pengelolaan Teknologi Pendidikan melalui perencanaan, pengorganisasian, pengordinasian, dan supervisi.
- Kawasan Penilaian : Proses penentuan memadai tidaknya pembelajaran dan belajar.
Sumber
1) Buku karangan : Barbara B. Seels Dan Rira C. Richey dengan judul Teknologi Pembelajaran : Definisi dan Kawasannya
2) Buku Karangan : Dra. Dewi Salma Prawiradilaga dengan judul Wawasan Teknologi Pendidikan.
COMMENTS