Teori Belajar Humanistik

SHARE:


A.Teori Belajar Humanistik

Teori belajar yang humanisitik pada dasarnya memiliki tujuan belajar untuk memanusiakan manusia. Oleh karena itu proses belajar dapat dianggap berhasil apabila si pembelajar telah memahami lingkungannya dan dirinya sendiri. Dengan kata lain, si pembelajar dalam proses belajarnya harus berusaha agar lambat laun ia mampu mencapai aktualisasi diri dengan sebaik-baiknya.
Tujuan utama para pendidik adalah membantu siswa untuk mengembangkan dirinya, yaitu membantu masing-masing individu untuk mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik dan membantu dalam mewujudkan potensi-potensi yang ada dalam diri mereka.
Menurut aliran humanistic, para pendidik sebaiknya melihat kebutuhan yang lebih tinggi dan merencanakan pendidikan dan kurikulum  untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan ini. Beberapa psikolog humanistik melihat bahwa manusia mempunyai keinginan alami untuk berkembang, untuk menjadi lebih baik, dan juga belajar.
Secara singkat, pendekatan humanisitk dalam pendidikan menekankan pada perkembangan positif. Pendekatan yang berfokus pada potensi manusia untuk mencari dan menemukan kemapuan yang mereka punya dan mengembangkan kemampuan tersebut. Hal ini mencakup kemampuan interpersonal sosial dan metode untuk pengembangan diri yang ditujukan untuk memperkaya diri, menikmati keberadaan hidup dan juga masyarakat. Keterampilan atau kemampuan membangun diri secara positif ini menjadi sangat penting dalam pendidikan karena keterkaitannya dengan keberhasilan akademik.
Dalam teori belajar humanistic, belajar dianggap berhasil jika pembelajar memahami lingkungannya dan dirinya sendiri. Siwa dalam proses belajarnya harus berusaha agar lambat laun dirinya mampu mencapai aktualisasi dari dengan sebaik-baiknya. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya, bukan dari sudut pandang pengamatnya.
Tokoh penting dalam teori belajar Humanistik secara teoritik antara lain adalah: (1) Arthur W. Combs; (2) Abraham Maslow; dan (3) Carl Rogers.

COMMENTS

Nama

LandasanPendidikan,10,Materi,21,TeknologiPendidikan,6,
ltr
item
Seputar TP: Teori Belajar Humanistik
Teori Belajar Humanistik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiVuoLoRpnZk9Bo-MCip6Ol0sAyv8kk1MeE00Y-n1ZMYQ0Sg4ZWvbyDhsWz61Z9MFvkqkaSpwgsfK-EwaK32sUOtlD9qktFZvakxMFk5gSZ8dNyh0LHh6r3ya4pcgOk-cgyAJlZJj9OJI/s640/teori+pendidikan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiVuoLoRpnZk9Bo-MCip6Ol0sAyv8kk1MeE00Y-n1ZMYQ0Sg4ZWvbyDhsWz61Z9MFvkqkaSpwgsfK-EwaK32sUOtlD9qktFZvakxMFk5gSZ8dNyh0LHh6r3ya4pcgOk-cgyAJlZJj9OJI/s72-c/teori+pendidikan.jpg
Seputar TP
https://hanyatp.blogspot.com/2019/05/teori-belajar-humanistik.html
https://hanyatp.blogspot.com/
https://hanyatp.blogspot.com/
https://hanyatp.blogspot.com/2019/05/teori-belajar-humanistik.html
true
3442867778335042156
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy